Kamis, 30 November 2023

PEKAN MAHASISWA MATEMATIKA 2023

 

  

Diakhir bulan November merupakan hari-hari yang menegangkan bagi Mahasiswa Universitas Islam Malang, terutama untuk Mahasiswa Baru. Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan ujian dari setengeah perjalanan ditiap semester bagi seluruh mahasiswa. Mendekati penghujung November ini Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika sedang menghadapi Ujian Tengah Semsester. Keresahan, kebingungan dan gugup bahkan sering kali dirasakan oleh mahasiswa yang sedang menghadapi ujian. UTS ini dilaksanakan kurang lebih selama 2 minggu.

Setelah mengikuti UTS mahasiswa pendidikan matematika akan diajak refreshing dengan HMP Matematika. Karena ada salah satu program kerja yang dapat mengajak mahasiswa pendidikan matematika untuk beristirahat sejenak dan bersenang-senang untuk mengembangkan minat dan bakat yag ada pada diri mahasiswa pendidikan matematika. Program kerja ini bernama Pekan Mahasiswa Matematika (PMM).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan tali silaturahmi antar mahasiswa pendidikan matematika. Kegiatan ini memiliki tema ”Don’t be Shy Don’t be Hesitate, Show Your Talent and Abilities”. Kegiatan ini berisikan dengan beberapa lomba yang sudah disiapkan oleh panitia PMM sendiri. Dimana lomba-lomba tersebut wajib diikuti oleh perwakilan tiap kelas yang ada di program studi pendidikan matematika. Lomba-Lomba tersebut adalah membuat video kreatif, Badminton, Cerdas Cermat dan Fashion Budaya,. PMM ini dimulai pada tanggal 23 November 2023.

Lomba Video Kreatif dimulai pada tanggal 24 November 2023 dengan tema “Promosi Program Studi Pendidikan Matmetika” dengan durasi minimal adalah 1 menit. Video ini akan di upload di TikTok dan juga di Instagram dari tiap peserta. Batas pengumpulan video sendiri pada tanggal 28 Desember 2023.

Lomba kedua yaitu Badminton yang dilaksanakan pada hari Minggu, 26 November 2023. Badminton ini diikuti oleh perwakilan tiap kelas, dimana masing-masing kelas mengeluarkan 2 tim dengan 1 tim beranggotakan 2 orang. Lomba badminton ini dilakukan di sport  center UNISMA dimulai kurang lebih pukul 08.00 WIB. Di lomba badminton ini hanya diambil 2 pemenang saja.

Lomba ketiga ada Lomba Cerdas Cermat atau biasa kita singkat dengan LCC. LCC ini dilakukan pada hari Selasa, 28 Desember 2023 yang dimulai pada pukul 13.00 WIB di ruang kelas C2-05. Sama seperti lomba yang lain LCC ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing kelas mahasiswa program studi pendidikan matematika. Dalam lomba ini dilakukan dengan 2 babak, dimana babak pertama yaitu babak penyisihan dan babak kedua babak final. Dimana ketika penyisihan panitia memberikan pertanyaan dan seluruh peserta menuliskan jawaban dikertas yang sudah disediakan, sedangkan dibabak final peserta yang masuk final merebutkan jawaban dari pertanyaan yang disampaiakan oleh panitia.

Lomba yang terakhir adalah lomba fashion budaya, dimana lomba ini sangat membutuhkan effort yang sangat besar bagi peserta fashion. Fashion budaya ini dikolaborasikan dengan program kerja matematika yaitu Math Night Party (MNP). Kegiatan Fashion budaya ini dilakukan dimalam hari dengan tema “Budaya Kreasi Batik”. Dengan tujuan kita memperkenalkan beragam kreasi batik yang dapat digunakan dimasa yang modern seperti sekarang ini.

Hasil pemenang dari lomba-lomba yang diadakan diumumkan di akhir acara MNP. Dimana untuk pemenang terbaik dari tiap kelas dimenangkan oleh kelas 3A mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2022. Sekian kegiatan Pekan Mahasiswa Matematika ditahun ini. See You Next Year J.