Selasa, 12 Desember 2023

STUDY COMPARATIVE 2023

 


Ada salah satu program kerja yang ditungu-tunggu oleh Himaprodi Pendidikan Matematika yaitu Study Comparative (SC). Study Comparative merupakan salah satu program kerja yang ada di Himaprodi Pendidikan Matematika. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menambah relasi antar himpunan dari Universitas lainnya dan juga menambah wawasan bagi pengurus himaprodi sendiri.

Kali ini kegiatan SC ini dilakukan 3 kali dalam satu periode. Kegiatan SC yang pertama HMP Matematika berkolaborasi dengan HMPS Tadris Pendidikan Matematika dan HMPS Integral dari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 27 Oktober 2023. Pada pukul 18.30 WIB - selesai bertempatkan di Cafe Alfa X Malang. Kegiatan ini dilakukan secara non formal, dimana kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pengenalan diri dati tiap himpunan. Kemudian dilanjutkan dengan sharing session pengenalan proker dan tanya jawab dari tiap himpunan, hal ini dilakukan sampai dengan himpunan yang terakhir. Kegiatan ini berakhir pada pukul sekitar 23.00 WIB.

Tidak hanya itu, kegiatan kedua yang dilakukan oleh Himaprodi Pendidikan Matematika ini “Study Comparative Goes to Jogja”. Sesuai dengan namanya SC yang kedua ini kita adakan di Yogyakarta pada hari Sabtu, 04 Desember 2023 tepatnya dengan HMPS Matematika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta dengan tema “Expand Relationship to Organization Quality” kegiatan ini diikuti kurang lebih 90 peserta dari HMP Matematika UNISMA dan HMPS Matematika UAD.

Pemberangkatan menuju Yogyakarta dilakukan pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB. Sebelum melakukan pemberangkatan tidak lupa kita melakukan kegiatan FORSA terlebih dahulu dengan pembacaan Istighosah bersama dan dilamjut dengan doa bersama agar diberi kelancaran ketika diperjalanan dan kembali dengan selamat. Kegiatan FORSA ini dilakukan di Lobby Gedung B1 Universitas Islam Malang. Selain melaksanakan SC kita juga melakukan kunjungan kebeberapa tempat wisata yang ada di Yogyakarta yaitu Pantai Parangtritis, Omah Oblong dan Malioboro.

Pada kegiatan Study Comparative ini dilaksanaan di Café Basabasi di dekat UAD. Dengan kegiatan yang diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur,an dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan ketua pelaksana (UNISMA), sambutan Ketua Himaprodi Pendidikan Matematika UNISMA dan sambutan ketua HMPS Matematika UAD. Selanjutnya yaitu pengenalan dari tiap Himaprodi dan tanya jawab, kemuadian dilanjutkan dengan Sharing Session perbidang. Kemudian acara ditutup dengan pemberian cinderamata, do’a dan penutupan. Tidak lupa juga sesi foto Bersama seluruh peserta dari Himaprodi Pendidikan Matematika dan HMPS Matematika UAD. Kami juga berkesempatan untuk berkeliling melihat kedalam kampus Universitas Ahmad Dahlan kampus 4.

Study Comparative yang ketiga, HMP Matematika kedatangan HMPS Matematika UIN KHAS JEMBER ke kampus kita Universitas Islam Malang pada hari Sabtu, 02 Desember 2023. Kegiatan ini dilaksanakan di Hall Hasyim Asy’ari Gedung B Lantai 7. Kegiatan yang dilakukan semi formal dimana diawali dengan pembukaan kemudian dilanjut dengan pengenalan proker dari tiap himpunan dan diakhiri dengan foto bersama.

Salah satu tujuan diadakannya Study Comparative ini adalah untuk menambah wawasan, pengetahuan dan juga relasi, serta bertukar pikiran untuk meningkatkan kinerja organisasi.