Minggu, 25 Agustus 2019

Himaprodi Pendidikan Matematika UNISMA Gelar Babak Penyisihan PHI 2019 di 32 Rayon se-Jawa Bali



   Minggu (25/8), Paket Hari Ilmiah oleh Himaprodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang kembali diselenggarakan. Acara tahunan  yang dikemas dalam Olimpiade Matematika Se-Jawa Bali tersebut resmi dibuka hari ini. Sekisar 3000 peserta mengikuti babak penyisihan yang tersebar di 32 rayon yang ada di Pulau Jawa dan Bali.

  Pelaksanaan babak penyisihan yang serentak diawali dengan pembukaan Paket Hari Ilmiah 2019 di rayon Malang pusat. Pembukaan yang bertempat di Hall KH. Abdurrahman Wahid Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang tersebut diikuti oleh Peserta, Wali Murid, dan Pendamping Olimpiade. Turut hadir dalam acara pembukaan, Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, jajaran dosen pendidikan matematika, dan dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

    Acara yang dibuka oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini berlangsung lancar dan khidmat. Sebanyak 300 peserta olimpiade, berikut wali murid dan pendamping olimpiade rayon Malang pusat mengikuti serangkaian acara dengan tertib. Tidak lupa lantunan shalawat nuril anwar membuka rangkaian pembukaan tersebut, dengan harapan olimpiade matematika tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA ini dapat berjalan dengan lancar.

    Ilfa Minanur Rohman; yang didapuk menjadi ketua pelaksana Paket Hari Ilmiah 2019, menjelaskan dalam sambutannya bahwa PHI tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Peserta olimpiade matematika tingkat SD/MI tahun ini bisa berpeluang mendapatkan piala bergilir juara umum, yang sebelumnya hanya diperuntukkan untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/MA. Selain itu 180 medali, piala rektor, dan piala presiden akan menjadi hadiah prestisius yang akan diperebutkan oleh peserta olimpiade, seperti yang dikatakan oleh M. Fajar Musaffak; Ketua Himaprodi Pendidikan Matematika Universitas Islam Malang. Masih dalam sambutan yang sama, Musa; panggilan akrab Fajar Musaffak, juga mengatakan bahwa tahun ini ada launching buku kumpulan soal olimpiade matematika. 



   Dalam kesempatan yang sama, pagi tadi, Alifiani, M.Pd; Ketua Program Studi Pendidikan Matematika, memaparkan bahwa Olimpiade ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menggali bakat dan potensi peserta dalam bidang matematika. Beliau juga mengingatkan para peserta bahwa selayaknya kompetisi, menang kalah adalah suatu hal yang biasa. Besar harapan beliau agar peserta yang nantinya tidak menjadi juara untuk tetap semangat belajar. Tidak hanya itu, beliau juga mengapresiasi peserta yang nantinya mendapatkan juara, dan mendorong para peserta untuk mengikuti olimpiade matematika tingkat nasional; yang rencananya akan dihelat oleh Himaprodi Pendidikan Matematika di tahun 2020. Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan; Dr. Hasan Busri, M.Pd juga menjelaskan bahwa dengan adanya Olimpiade Matematika Se-Jawa Bali ini, peserta akan terlatih untuk menjadi pribadi yang kompetitif dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Acara pembukaan tersebut kemudian diakhiri dengan doa oleh Saudara Roikhan. 





Pewarta: Hikmah Imroatul Afifah 
Editor : Okta P D S